Home / Hot News / Drama Korea Mr Queen Menuai Kontroversi Dan Kritik, Namun Rating Yang Tinggi Berkata Lain

Drama Korea Mr Queen Menuai Kontroversi Dan Kritik, Namun Rating Yang Tinggi Berkata Lain

Brenda Fabiola
Sabtu, 16 Januari 2021

Drama korea Mr Queen menuai kontroversi. Drama tersebut memulai penayangannya pada 12 Desember lalu. Meski mendapat kritikan dari sebagian netizen Korea, Mr. Queen berhasil menduduki rating tertinggi sejak episode pertamanya.

Menurut Nielsen Korea, rating pada episode pertama Mr. Queen menembus angka rata-rata nasional 8,0 persen. Bahkan mencapai puncaknya hingga 9,9 persen dan di wilayah Seoul mencapai 11,0 persen. Angka tersebut melampaui rating penayangan perdana drama Start Up.

Drama Korea Mr Queen yang dibintangi oleh Kim Jung Hyun dan Shin Hye Sun ini telah menempati peringkat kedua tertinggi untuk drama yang tayang di akhir pekan tvN, setelah Mr. Sunshine (2018). Perolehan rating yang tinggi tersebut ternyata masih menuai kontroversi bagi sebagian warganet.

Pusat Bioskop - Drama Korea Mr. Queen

Drama Mr. Queen yang merupakan remake dari web drama China, Go Princess Go, bercerita tentang era dinasti Joseon. Drama saeguk ini mengusung genre sejarah, komedi fantasy. Namun unsur komedi pada drama ini dianggap tidak pantas untuk ditayangkan.  Drama ini mengisahkan tentang jiwa seorang chef yang hidup di era modern, kemudian masuk ke dalam tubuh Ratu di era dinasti Joseon. Chef tersebut adalah seorang laki-laki bernama Jang Bo Hwan (diperankan oleh Choi Jin Hyuk). Akibat dari kecelakaan, jiwa chef tersebut terperangkat di tubuh Ratu.

Seperti diketahui bahwa drama ini adaptasi dari web drama China berjudul Go Princess Go. Drama tersebut juga adaptasi dari novel karya Xian Chen. Sebelum penayangan Drama Korea Mr Queen, banyak yang beranggapan bahwa penulis novel tersebut dianggap rasis terhadap Korea.

Pada salah satu novel karya Xian Chen lainnya pernah terdapat komentar negatif tentang Korea. Menaggapi hal tersebut, tim produksi Mr. Queen mengaku hanya me-remake dari web drama, bukan novel aslinya. Tim produksi pun akhirnya meminta maaf dengan adanya berita tersebut.

Drama Mr. Queen Dianggap Menghina Sejarah Korea

Episode pertama dan kedua drama korea Mr. Queen juga dianggap menghina para tokoh di era Joseon. Adegan komedi yang ingin ditampilkan untuk menghibur penonton justru dianggap merendahkan sejarah kerajaan Korea. Hal tersebut sontak menerima kritikan dari netizen Korea.

Seperti dalam episode 2, terdapat narasi yang mengolok-olok catatan sejarah Dinasti Joseon, yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai harta nasional Korea ke 151 dan terdaftar dalam situs Warisan Dunia UNESCO. Catatan tersebut dianggap memiliki kelanjutan terpanjang dari satu dinasti di dunia.

Lalu saat adegan Kim So Yong mencoba melecehakan Raja Cheoljong usai malam pertama mereka. Kim So Yong menganggap Raja Cheoljong nampak lesu di malam hari. Adegan tersebut menuai protes karena menggunakan kata-kata yang bersifat pelecehan seksual serta terlalu membelokan sejarah.