Home / Hot News / Keterbatasan Film Jadi Alasan Bioskop XXI Belum Buka

Keterbatasan Film Jadi Alasan Bioskop XXI Belum Buka

Brenda Fabiola
Selasa, 27 Oktober 2020

Sejumlah bioskop di Indonesia terutama di Jakarta sudah mulai dibuka kembali pada Rabu (21/10). Namun berbeda dengan bioskop Cinema XXI belum buka sebab masih menunda pembukaan kembali. Hal ini dikarenakan masih terbatasnya jumlah film yang akan ditayangkan, selain karena minimnya proses produksi saat masa pandemi, sedikitnya film juga disebabkan karena proses penundaan atau pembatalan penayangan film.

“Setelah mempelajari dan memperhitungkan lebih lanjut, kami memutuskan untuk menunda pembukaan bioskop kami di wilayah Ibu Kota. Salah satu kendala yang dihadapi adalah keterbatasan film yang akan ditayangkan baik film Hollywood maupun film nasional,” kata Head of Corporate Communications & Brand Management Cinema XXI Dewinta Hutagaol.

Beberapa bioskop yang sudah buka telah mendapatkan izin dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pemberian izin ini setelah dilakukan penilaian terkait kesiapan protokol kesehatan yang diterapkan untuk mencegah penyebaran corona virus. Seperti adanya social distancing, dan berbagai aturan lain yang berkaitan dengan protokol kesehatan demi menekan angka penyebaran virus pandemi.

Pusat Bioskop - Keterbatasan Film Jadi Alasan Bioskop XXI Belum Buka
Pusat Bioskop – Keterbatasan Film Jadi Alasan Bioskop XXI Belum Buka

Bisokop CGV telah membuka empat jaringan bioskop setelah mendapat izin dari persetujuan dan penilaian dari Pemprov DKI Jakarta. Meski terdapat peraturan baru yaitu kapasitas jumlah penonton hanya diperbolehkan pada tingkat 25 persen saja.

Jaringan bioskop CGV yang telah dibuka diantaranya adalah CGV Grand Indonesia, CGV AEON Mall Jakarta Garden City, CGV Green Pramuka Mall dan CGV Transmart Cempaka Putih. Pembukaan bioskop tersebut berdasarkan Surat Keputusan no 268 tahun 2020.

Surat keputusan tersebut terkait dengan pembukaan kembali usaha pariwisata di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bagii usaha bioskop pada tanggal 20 Oktober 2020. Jaringan bioskop di luar Jakarta juga ada yang mendapatka izin dari pemerintah daerah.

Pusat Bioskop - Keterbatasan Film Jadi Alasan Bioskop XXI Belum Buka
Pusat Bioskop – Keterbatasan Film Jadi Alasan Bioskop XXI Belum Buka

Diantaranya adalah Cinema XXI melakukan uji coba pembukaan kembali bioskop di Jatiland XXI, Ternate; Jayapura XXI; Transmart Pontianak XXI; TSM XXI, Bandung; Studio XXI, Banjarmasin; Big Mall XXI, Samarinda; Transmart Pangkal Pinang XXI.

Bagi seluruh pengunjung bioskop juga diharapkan kerjasamanya untuk mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan tangan selama berada di bioskop tersebut. Hal ini diharapkan agar pengunjung merasa aman ketika menikmati film di bioskop.

Bioskop XXI termasuk dalam salah satu bioskop ternama dan terbesar dii Indonesia. Bioskop ini telah berdiri sejak 1987 dan memiliki 1182 layar di 218 lokasi di 52 kota di seluruh Indonesia. Perkembangan ini sangat pesat mengingat target mereka harus mencapaii 2000 layar dalam jangka waktu tahun depan.

Film Yang tertunda Penayangannya di Bioskop Akibat COVID 19

Akibat pandemi Covid 19 yang tengah merebak saat ini perekonomian di Indonesia menjadi menurun. Terutama bagi sektor industri hiburan yang sangat merasakan dampak yang sangat signifikan. Salah satunya dengan adanya penundaan berbagai film yang sebelumnya telah dijadwalkan di bioskop.

Bioskop merupakan tempat yang memiliki resiko penularan covid 19 dalam jumlah yang tinggi. Maka dari itu selama pandemi ini banyak bioskop yang ditutup untukk menghindari rantai penyebaran virus korona. Berikut ini berbagai film yang yang mengalami penundaan jadwal tayang.

  • Greyhound

Film ini rencananya akan dirilis pada 19 Juni 2020. Film yang dibintangi oleh Tom Hanks ini dijadwalkan ulang pada tanggal 10 Juli 2020. Film Greyhound ini mengisahkan tentang Perang Dunia II.

  • Tenet

Selanjutnya ada film Tenet yang awalnya akantayang pada 17 Juli 2020 namun mengalami penundaan hingga 26 Agustus 2020. Film karya sutradara Christopher Nolan ini mengisahkan cerita cerdas tentang pemutarbalikan waktu.

  • Mulan

Film Mulan rencananya tayang pada 27 Maret 2020. Akan tetapi karena adanya pandemi ini, jadwal perilisan mengalami kemunduran yaitu pada 4 September 2020. Film Live Action Mulan ini mendapat respon positif dari pecinta film.

  • Wonder Woman 1984

Film Wonder Woman 1982 ini banyak dibicarakan oleh masyarakat. Film ini awalnya akan dirilis pada bulan Juni 2020 namun menjadi mundur pada tanggal 2 Oktober 2020.

  • Black Widow

Rencana awal perilisan film ini adalah pada 1 Mei 2020. Pada 3 April 2020 film ini dikonfirmasi mengalami kemunduran jadwal pada bulan November. Film ini dibintangi oleh Scarlett Johansson dan banyak dinantikan oleh penggemar.

Antusias Penggemar Film Bioskop di Tengah Pandemi Covid 19

 Ditengah pandemi covid 19 ini pemerintah telah menerapka PSBB yang mengharuskan masyarakat untuk menjaga jarak satu sama lain. Maka dari iitu sebagian masyarakat banyak yang memilih melakukan kegiatan dari rumah termasuk sekolah secara online atau Work From Home (WFH).

Selain itu banyak yang memilih menggunakan platform online sebagai media untuk menonton film atau drama. Maka dari itu penggunaan bioskop jadi kurang diminati dan banyak bioskop yang tutup karena alasan pandemi ini. Setelah dibukanya kembali bioskop ini banyak yang merasa antusias menonton film di bioskop.

Uji coba pembukaan kembali bioskop di Jakarta mengharuskan penonton untuk mematuhi peraturan di lingkungan bioskop. Hal ini harus dipatuhi oleh setiap pengunjung maupun anggota staff bioskop. Agar tercipta kenyamanan dan keamanan di bisokop dan khususnya kesehatan menjadi indikator yang penting.

Itulah berita terbaru mengenai keterbatasan film yang menyebabkan bioskop XXI belum buka. Jangan lupa untuk ikuti terus berita terbaru dari dalam maupun luar negeri hanya di Pusat Bioskop ya. Stay tune terus teman-teman!

Download