Home / Hot News / Raya and the Last Dragon, Mampir ke Indonesia Naik Naga

Raya and the Last Dragon, Mampir ke Indonesia Naik Naga

daffodil
Kamis, 04 Maret 2021

Walt Disney Animation Studios resmi merilis film terbaru “Raya and the Last Dragon”, Rabu (3/3/2021) yang mampir ke Indonesia. Film animasi tersebut menceritakan petualangan penuh aksi Raya dan kawan-kawannya, di negeri fantasi bernama Kumandra. Ini pertama kalinya Walt Disney Animation Studios menghadirkan film animasi yang terinspirasi dari kebudayaan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Di negeri Kumadra, manusia hidup bersama naga. Namun semenjak kejahatan menyerang, mereka tercerai berai. Para naga mengorbankan diri demi menyelamatkan manusia. 500 tahun kemudian, kekuatan jahat kembali mengusik kedamaian Kumandra. Nasib mereka bergantung pada Raya.

Ini akhirnya membuat Raya, bersama teman naganya Tuk Tuk melakukan perjalanan untuk menyatukan Kumandra. Bersama sahabat setianya, Tuk Tuk, Raya mencari sang naga terakhir, Sisu (Awkwafina). Mereka kemudian berjuang mempersatukan kembali tanah Kumandra bersama beberapa teman yang ditemui Raya selama di perjalanan.

Raya and the Last Dragon Mampir ke Indonesia

raya and the last dragon Indonesia
“Aku pengen seblak, Mbak Naga”

Raya and the Last Dragon juga menghadirkan berbagai elemen yang terinspirasi dari keindahan alam. Bahkan kekayaan budaya khas Asia Tenggara turut disajikan, termasuk Indonesia, seperti tari dan musik gamelan.

Film ini juga menyisipkan perpaduan unik antara kekayaan budaya, alam, adat, dan nilai-nilai kehidupan untuk menginspirasi para penontonnya. Film juga melibatkan sejumlah seniman Indonesia, seperti pegiat budaya Dewa Berata dan Emiko Susilo.

Film ini disutradarai oleh Don Hall dan Carlos Lopez Estrada bersama Paul Briggs dan John Ripa, serta diproduseri oleh Osnat Shurer dan Peter Del Vecho. Raya and the Last Dragon dibintangi oleh Kelly Marie Tran sebagai pengisi suara Raya dan Awkwafina sebagai Sisu.

Don Hall, Photo by: PD/starmaxinc.com STAR MAX 2015

Komikus muda Is Yuniarto mengapresiasi tayangnya Raya and the Last Dragon ini. “Hari ini hari Raya!,” tulisnya di akun Instagramnya.

“Raya lan Nogo Pamungkas, poster wayang version. @disneyraya @disneyindonesia#RayaAndTheLastDragon,” tulis Is dalam akun Instagramnya disertai poster wayang buatannya, dilansir dari CNBC Indonesia Kamis (4/3/2021).

Melibatkan Para Ahli

Sang sutradara, Carlos López Estrada, hendak memastikan penonton dapat merasakan kekayaan alam dan budaya Asia Tenggara yang indah ketika menyaksikan film. Meskipun, Kumandra adalah dunia fantasi yang fiktif.

raya and the last dragon Indonesia
Raya and The Last Dragon

“Kami merancang Kumandra agar tetap dinamis dan menggambarkan kehidupan sehari-hari yang begitu dekat dengan masyarakat di Asia Tenggara. Kami ingin memberi penghormatan kepada budaya yang menginspirasi cerita dan dunia Kumandra ini,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Dikutip dari pernyataan resmi Disney, ragam kekayaan budaya khas Asia Tenggara terwakili dalam motif, warna, arsitektur, makanan, dan adat istiadat masyarakat Asia Tenggara. Begitu juga nilai-nilai seperti saling percaya dan gotong-royong.

Para kru film melakukan perjalanan riset ke seluruh Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Laos, Thailand, Vietnam, Kamboja, Malaysia, dan Singapura. Proses produksi film juga melibatkan para ahli yang membantu memberikan wawasan budaya.

Raya and the Last Dragon menggandeng antropolog, arsitek, linguis, penari, dan pemain musik tradisional dari tiap negara, tidak ketinggalan Indonesia. Dari Indonesia sendiri, seniman Griselda Sastrawinata terlibat sebagai visual development artist.

Profil Don Hall Sutradara Raya and The Last Dragon

Don Hall

Donald Lee “Don” Hall adalah sutradara dan penulis naskah Amerika di Walt Disney Animation Studios, serta pengisi suara untuk Pelatih dan Gaston Framagucci dalam Meet the Robinsons dan Darnell dalam The Princess and the Frog.

Dia juga dikenal sebagai sutradara bersama Winnie the Pooh dan menjadi sutradara utama untuk Big Hero 6, yang terinspirasi oleh Marvel Comics dengan nama yang sama. Big Hero 6 memenangkan Oscar untuk Film Animasi Terbaik pada tahun 2015. Dia saat ini menjadi sutradara untuk film mendatang Raya and the Last Dragon. Hall adalah lulusan University of Iowa dengan gelar Bachelor of Fine Arts di bidang menggambar dan melukis.

Don Hall merupakan seorang sutradara dan penulis naskah film animasi di Walt Disney Animation Studios. Ia dikenal sebagai sutradara film Winnie the Pooh, Big Hero 6 dan Moana, bersama Ron Clements dan John Musker.